Bismillah.. Ahlan wa sahlan di Blog Q ,Kumpulan tentang semua tugas Teknologi Pendidikan ya disini tempatnya, Yang Baru yang selalu ditunggu Semoga dapat membawa manfaat...!!!

Jumat, 19 Maret 2010

makalah dinamika pendidikan islam dari masa kemasa (studi Universitas Negri Malang)

DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DARI MASA KE MASA
(STUDY DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG)







OLEH :

M SAIKHUL ARIF



TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2009



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah Pendidikan Agama Islam “Dinamika Pendidikan Islam dari Masa ke Masa” yang mengambil Universitas Negeri Malang sebagai objek kajiannya.
Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas makalah ini agar dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Tidak lupa kami menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dan bimbingan dan semua pihak. Utamanya kepada : Turhan Yani S.Ag selaku dosen Pendidikan Agama Islam dikelas Teknologi Pendidikan 2009/ B yang telah memberi motivasi kepada kami untuk menjadi lebih maju. Tak lupa juga untuk teman-teman semua yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini, kami ucapkan terima kasih.
Namun ada Peribahasa menyatakan “Tiada Gading Yang Tak Retak” berhubungan dengan itu, kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Semoga makalah ini dapat berguna bagi semua pihak, Amin.


Surabaya, 10 Desember 2009


Penulis




DAFTAR ISI

COVER
KATA PENGANTAR ....i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ..................................................................................................... 01
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................................... 01
1.3 Tujuan .................................................................................................................. 02
BAB II PEMBAHASAN
Dinamika Perkembangan Islam di Universitas Negeri Malang .................................. 03
2.1 Asal Mula aktivitas Pendidikan Islam ............................................................. 03
2.2 Gerakan Perubahan Aktivitas Pendidikan Islam dari Masa ke Masa ............. 03
2.3 Di Balik Gerak Progresif Aktivitas Pendidikan Islam di UM ............................ 04
2.4 Faktor Pendukung dan Penghambat Dinamika Pendidikan Islam di UM ...... 04
2.5 Faktor yang Menjadi Penghambat................................................................. 05
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan .............................................................................................. 06
3.2 Kritik dan Saran ........................................................................................ 06
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................ O6







BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan merupakan sebuah proses aktivitas manusia dalam berbagai aspek yakni: aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif atau pengetahuan dapat membantu seseorang menjadi lebih pandai atau dari yang mulanya tidak tahu mengenai suatu hal menjadi tahu. Kedua, aspek afektif atau sikap dapat mengarahkan seseorang untuk menjadi lebih baik. Dan aspek psikomotorik atau keterampilan (skill) membekali seseorang untuk menjadi lebih terampil. Pendidikan juga merupakan proses pembudidayaan, pewarisan dan penanaman nilai-nilai baik kepada seseorang, baik dalam intuisi formal, non formal maupun informal Adapun makalah yang kelompok kami buat mengenai Dinamika Pendidikan Ilam dari Masa ke Masa pada Perguruan Tinggi Umum tepatnya di Universitas Negeri Malang yang kami kutip dari buku “FENOMENA KEAGAMAAN DI PERGURUAN TINGGI UMUM” ini di kaji dalam konteks luas yakni pembudayaan segala aktivitas yang didasarkan pada nilai-nilai Islam atau juga dapat dipahami suatu upaya penciptaan religiusitas Islam dalam kehidupan, baik dalam kegiatan formal ataupun non formal di kampus.
Fenomena peningkatan kehidupan keagamaan umat Islam (religiusitas islam) lainnya juga dapat dilihat dari sisi lain yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan, seperti maraknya majlis ta’lim dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, baik di kalangan masyarakat umum maupun pelajar dan mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum. Adapun secara khusus yang melatar belakangi penelitian ini adalah fenomena pergeseran di Universitas Negeri Malang aktualisasi pendidikan Islam di kampus selama ini telah mengalami peningkatan yang lebih progresif dari yang sebelumnya. Aktivitas tersebut biasanya berbentuk pengajian, baca al-qur’an, training ke-islaman, kajian-kajian ke-islaman, dan lain-lain.
1.2 Ruang Lingkup Penelitian
• Asal mula aktivitas pendidikan Islam.
• Gambaran gerak perubahan aktivitas pendidikan Islam di Universitas Negeri Malang
• Alasan-alasan yang melatar belakangi gerak perubahan religiusitas Islam di kalangan sivitas akademika beserta situasi dan kondisi yang mengitarinya
• Analisis faktor internal dan eksternal dinamika pendidikan Islam di UM


01

1.3 Tujuan
• Memaparkan asal mula tumbuhnya aktivitas pendidikan Islam di Universitas Negeri Malang
• Memaparkan gerak perubahan aktivitas pendidikan Islam dari masa ke masa (1970 - 2008)
• Memaparkan alasan-alasan yang melatar belakangi terjadinya perubahan progresif dalam kehidupan religiusitas Islam di kampus Universitas Negeri Malang
• Mengetahui factor internal dan eksternal yang menjadi pendukung dan penghambat dinamika pendidikan Islam di Universitas Negeri Malang


















02
BAB II
PEMBAHASAN
Dinamika Perkembangan Islam di Universitas Negeri Malang (U.M)
2.1 Asal Mula aktivitas Pendidikan Islam
Pada tahun 1970-an, asal mulanya hanya kegiatan formal saja hingga pertengahan 1980-an mulai meluas dan berkembang baik dalam konteks formal/non formal. Seperti pengajian yang dulunya di kelas akhirnya juga di masjid. Selain itu juga dibentuk juga lembaga-lembaga kerohanian islam seperti UKM Badan Dakwah Masjid Al-Hikmah & seksi kerohanian Islam yang ada pada tiap-tiap fakultas yang terlihat semakin berperan.
• Pelaksanaan Ibadah di Kalanngan Sivitas Akademika Kampus
Di dukung oleh situasi dan kondisi kampus yang religius sejak awal berdirinya sampai dengan masa sekarang ini maka dalam pelaksanaan ibadah para mahasiswa sudah terbiasa karena memang sebagian besar mereka itu berlatar belakang santri sehinga sampai ada yang menjuluki UM dengan sebutan kampus ijo.
• Kuliah Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan kuliah Pendidikan Agamaa Islam (PAI) di UM dari masa ke masa selama ini berjalan lancar seperti biasa, para dosen dan mahasiswa aktif dalam kegiatan perkuliahan. Kompetisi para dosen juga mumpuni, proses belajar mengajar berjalan cukup dinamis apalagi hal itu juga di dukung oleh situasi kampus yang religius yang di tandai dengan maraknya kehidupan keagamaan di kampus.

2.2 Gerakan Perubahan Aktivitas Pendidikan Islam dari Masa ke Masa

a. Intensitas dan Keterlibatan Sivitas Akademi UM dalam berbagai aktivitas keagamaan di kampus.
Dalam kegiatan keagamaan (islam) dikampus, keterlibatan & intensitas sivitas akademika UM, baik dosen, karyawan maupun mahasiswa cukup bagus, terutama pada kajian islam, halaqah-halaqah keagamaan,pelatihan tentang keislaman, baca tulis Al-Quran dan seminar-seminar tentang keislaman.
b. Tradisi Pemakaian Jilbab di Kalangan Sivitas Akademi Kampus.
Dalam catatan observasi dan informasi dari sumber data dapat dikatakan bahwa sivitas akademi Mahasiswa UM yang memakai jilbab semakin banyak. Apalagi tradisi itu memang sudah cukup lama di UM.
03
2.3 Di Balik Gerak Progresif Aktivitas Pendidikan Islam di UM

a. Situasi yang berkembang
Sejak awal-awal berdiri, UM dikenal sebagai kampus religius dan asntri. Secara internal kampus UM sejak dulu memang kondusif untuk kehidupan keagamaan sehingga aktivitas pendidikan islam disana berkembang pesat.
b. Peran dan respon sivitas akademika kampus
Terwujudnya dinamika keagamaan di UM selama ini juga tidak lepas dari peran dan respon positif dari pimpinan.

2.4 Faktor pendukung dan penghambat dinamika pendidikan islam di UM
a. Sarana ibadah (Masjid / Mussalla)
Tersedianya sarana ibadah merupakan bagian dari titik tolak dakwah islam di kampus dan merupakan unsure pendukung dalam keagamaan kampus Universitas Negeri Malang.
b. Tenaga kependidikan islam
Unsur pendidik agama islam di UM terdiri dari tenaga pendidik formal dan informal.
a. Tenaga pendidik formal
Merupakan tenaga pendidik yang ditugaskan secara khusus membina kuliah agama islam berdasarkan S.K. pengangkatan sebagai dosen.
b. Tenaga pendidik informal
Merupakan tenaga pendidik yang mempunyai komotmen terhadap aktivitas keislaman di UM. Unsur ini berasal dari tenaga dosen (non dosen P.A.I), karyawan, mahasiawa dan aktivis dari luar UM.
c. Sumber pendanaan aktivitas pendidikan islam
Untuk sumber dana aktivitas keislaman UM sebenarnya cukup banyak misal setiap 1 tahun sekali untuk LEPPA, BDM Al-HIkmah, Seksi kerohanian islam dll.
d. Kelembagaan Kerohanian Islam
Selain masjid, berbagai kelembagaan kerohanian islam banyak berkembang di UM sampai sekarang. Berikut sekilas lembaga-lembaga islam tersebut :
a. Lembaga Pembinaan Pendidikan Agama (LEPPA) UM
b. Badan Dakwah Masjid (BDM) Al-Hikmah UM
c. Seksi Kerohanian Islam (SKI)
04
e. Pernik-pernik symbol islam di kampus.
Pernik-pernik seperti leflet, brosur, kaligrafi ayat-ayat Al-Quran banyak ditemukan di UM.
f. Dukungan pimpinan
Ini juga merupakan sesuatu yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan semangat aktivis dakwah.

2.5 Faktor yang Menjadi Penghambat

Adapun faktor yang dianggap sebagai penghambat aktivitas keislaman di UM bersifat ringan dan wajar saja dalam sebuah interaksi sosial.






























BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dinamika pendidikan islam di Universitas Negeri Malang di awali oleh kalangan aktivis muslim kampus secara terbatas dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang masih terbatas pula, seperti kuliah Pengantar Agama Islam , kajian-kajian islam dan peringatan hari besar. Di Universitas Negeri Malang dilalui dalam kondisi yang kondusif karena Islam santrinya berperan, baik dari unsur pimpinan dosen maupun mahasisiwa


















06
DAFTAR PUSTAKA

1. http://www.indonesia.org.bn/org/indonesia/Education/index-ed.htm
2. http://massofa.wordpress.com/2008/05/09/berbagai-model-sistem
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Brunei
4. http://www.brunet.bn/news/pelita/06julai/pelita1.htm










































07

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar