Bismillah.. Ahlan wa sahlan di Blog Q ,Kumpulan tentang semua tugas Teknologi Pendidikan ya disini tempatnya, Yang Baru yang selalu ditunggu Semoga dapat membawa manfaat...!!!
Terima Kasih Telah sudi mampir di blog saya semoga membawa maslahat,,,,,,,,,, ALAMAT: Trosobo Taman Sidoarjo Jawa Timur. Telp: 085731714992 email:saikhul.arif@gmail.com!!!

Tahapan dalam pembuatan Media pembelajaran AUDIO

TAHAP PERENCANAAN
Tema : Kisah Teladan
Judul : AMAL SHOLIH SELAMATKAN TIGA ORANG YANG TERJEBAK DALAM GUA
Sasaran : Umum
Tujuan Umum Program (TUP):
Setelah mendengarkan program audio, audience diharapkan dapat meneladani kisah Amal Shalih selamatkan 3 orang yang terjebak dalam goa.
Tujuan Khusus Program (TKP):
1. Menyebutkan judul cerita yang telah mereka dengar
2. Menyebutkan karakter masing- masing tokoh
3. Menyebutkan kembali isi cerita yang telah mereka dengar



TAHAP PENGEMBANGAN
Garis- garis Besar Isi Materi (GBIM) / SINOPSIS
Format : Drama
Aslmualaikum Pendengar yang budiman, sebelum kita mendengarkan program audio pembelajaran kisah teladan tentang tiga orang selamat yang terjebak didalam gua lantaran amal sholih yang pernah mereka buat,diharapakan nantinya diharapkan dapat:
1. Menyebutkan judul cerita yang telah mereka dengar
2. Dapat menyebutkan karakter masing- masing tokoh
3. Dapat menyebutkan kembali isi cerita yang telah mereka dengar
4. Dapat menyebutkan hikmah dibalik cerita
Sinopsis
Kisah ini adalah kisah teladan dari rosulullah, yang bercerita kepad umar ibnu Khatab Beliau bersabda: Ada tiga orang yang sedang berjalan kemudian turun hujan lalu ketiganya masuk kedalam gua di sebuah gunung namun kemudian mereka tertutup oleh batu". Karena tidak aka nada yang dapat menolong mereka, Kemudian diantara mereka berkata kepada yang lainnya; Mintalah kepada Allah dengan perantaraan amal yang paling utama yang kalian pernah melakukannya untuk dapat membukakan pintu goa tersebut.
Orang pertama: dia memiliki kedua orangtua yang sudah renta.setiap hari keluar untuk mengembala untuk mendapatkan susu untuk aku berikan kepada kedua orangtuanya, sebelum aku berikan minum untuk bayiku, keluarga dan isteriku. Pada suatu malam, dia datang terlambat, ternyata keduanya sudah tertidur. Dia berkata; Aku enggan untuk membangunkan keduanya untuk meminum susu sedangkan anakku menangis dibawah kakiku karena kelaparan. Begitulah kebiasaanku dan kebiasaan kedua orangtuaku hingga fajar. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridha Mu, maka bukakanlah celah untuk kami agar kami dapat melihat matahari darinya. Maka terbukalah sedikit celah untuk mereka.
Orang kedua : dia seorang lelaki yang sangat mencintai seorang wanita putri dari pamannya seperti kebanyakan laki-laki mencintai wanita. Dia tidak akan bisa mendapatkannya kecuali aku dapat memberi uang sebanyak seratus dinar. Maka dia bekerja dan berhasil mengumpulkan uang tersebut. Ketika dia sudah berhadapan dengannya dan aku hendak menyetubuinya, wanita berkata; bertaqwalah kepada Allah, dan janganlah kamu renggut keperawanan kecuali dengan haq". Maka dia berdiri lalu pergi meninggalkan wanita tersebut. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridhaMu, maka bukakanlah celah untuk kami" Gumamnya,Maka terbukalah dua pertiga dari batu yang menutup pintu gua.
Kemudian orang yang ketiga : Dia pernah memperkerjakan seseorang buruh untuk mengurusi satu benih tumbuhan lalu aku beri upah namun dia tidak mau menerimanya. Lalu dia sengaja mengembangkan benih tersebut sehingga darinya bisa membeli seekor sapi dan seorang pengembalanya. Kemudian di suatu hari buruh itu datang kepadanya seraya berkata; "Wahai 'Abdullah, berikanlah upahku yang dulu!" Lalu dia katakan; Kemarilah lihat kepada seekor sapi dan pemngembalanya itu semua milikmu". Buruh itu berkata: "Kamu jangan mengolok-olok aku!" Dia berkata: Aku katakan: Aku tidak mengolok-olok kamu tetapi itu semua benar milikmu. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridhaMu, maka bukakanlah celah untuk kami". Akhirnya mereka bisa terbebas dari gua tersebut lantaran amal shalih yang pernah mereka kerjakan dengan penuh keihklasan mengharap Ridha Allah".
Baiklah pendengar yang budiman setelah kita bersama-sama mengikuti kisah ini, kita akan mendapat hikmah yang dapat dipelajari.
TAHAP PENULISAN NASKAH
GBIP (Garis- garis Besar Isi Program)
1. Intro music bernuansa islami
2. ANNC: Menyapa pendengar
3. Musik transisi
4. NAR: Membuka program dengan menyebutkan tujuan dan sasaran dengan singkat dan jelas
5. MUSIK TRANSISI
6. NAR: menyampaikan sekilas awal cerita
7. MUSIK TRANSISI
8. Nar: cerita orang pertma dari ketiga
Tentang dia memberikan susu dari hasil perahan kambingnya kepada orang tunya sebelum anak dan istrinya meminum susu itu.
9. Fx: SUARA KAMBING
10. Fx: Suara batu bergeser
11. Nar: Cerita Orang kedua
Ttg. dia yang mencintai wanita, anak dari pamannya. Yang dimana dia menginginkan untuk berbuat keji dengan dia,karena wanita itu mengingatkan agar dia takut kepada Allah terhadap perbuatan keji itu maka ia pun mengurungkan niatnya.
12. Fx: Suara batu bergeser
13. NAR: Cerita Orang ketiga
(Ttg. Dia memiliki buruh yang menginginkan gajinya disegerakan untuk memberikan hak(gaji)nya,dikarenakan tergesah- gesah buruh itu pergi sebelum mendapatkan haknya.
14. Fx: Suara batu bergeser
15. MUSIK TRANSISI
16. NAR: Kesimpulan
17. Nar: Salam penutup
18. Music penutup
NASKAH
NO
PELAKU / JENIS SUARA
Teks/suara
DURASI
1.
TUNE PEMBUKA
FADE IN-UNDER-UP-UNDER
10 detik
2.
ANNC
Assalamualaikum para Pendengar yang dirahmati Allah SWT, kali ini kita akan menyajikan kisah tauladan islam yang berjudul “amal sholih selamatkan tiga orang yang terjebak dalam gua”. Cerita ini dikemas dalam sebuah audio yang diperankan oleh mahasiswa program studi teknologi pendidikan, fakultas ilmu pendidikan, UNESA. Sejarah ini berasal dari negeri jiran, arab Saudi. Baiklah pendengar, selamat mengikuti.
17 detik
3.
MUSIK TRANSISI
FADE IN-UNDER-SETBACKGROUND (Musik khas arab)
5 detik
4.
NAR
Setelah mendengarkan program audio, audience diharapkan dapat meneladani kisah tiga orang yang tersesat, selamat dalam goa lantaran amal sholih yang pernah mereka lakukan (washilah)
8 detik
5.
Musik transisi
IN-UP-UNDER-OUT
8 detik
6.
NAR
Kisah ini adalah kisah teladan dari rosulullah, yang bercerita kepada umar ibnu Khatab, Ada tiga orang yang sedang berjalan kemudian turun hujan lalu ketiganya masuk kedalam gua di sebuah gunung namun kemudian mereka tertutup oleh batu. Beliau melanjutkan; "Kemudian diantara mereka berkata kepada yang lainnya; Mintalah kepada Allah dengan perantaraan amal yang paling utama yang kalian pernah melakukannya.
27 detk
7.
MUSIK TRANSISI
IN-UP-UNDER-BACKGROUND
10 detik
8.
NAR
Orang pertama diantara mereka berkata; Ya Allah, aku memiliki kedua orangtua yang sudah renta. Suatu hari aku keluar untuk mengembala untuk mendapatkan susu kemudian aku datang membawa susu, lalu aku berikan kepada kedua orangtuaku, lalu keduanya meminum baru kemudian aku berikan minum untuk bayiku, keluarga dan isteriku. Pada suatu malam, aku mencari susu setelah aku kembali dan aku datangi mereka ternyata keduanya sudah tertidur. Dia berkata; Aku enggan untuk membangunkan keduanya untuk meminum susu sedangkan anakku menangis dibawah kakiku karena kelaparan, Begitulah kebiasaanku dan kebiasaan kedua orangtuaku hingga fajar. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridha Mu, maka bukakanlah celah untuk kami agar kami dapat melihat matahari darinya. Maka terbukalah sedikit celah untuk mereka.
20 detik
9.
FX
SUARA kambing
4 detik
10
FX
SUARA batu bergeser
4 detik
11
NAR
Orang kedua berkata: "Ya Allah, sungguh Engkau mengetahui bahwa aku seorang lelaki yang sangat mencintai seorang wanitaputri dari pamanku seperti kebanyakan laki-laki mencintai wanita. Suatu hari dia berkata, bahwa aku tidak akan bisa mendapatkannya kecuali aku dapat memberi uang sebanyak seratus dinar. Maka aku bekerja dan berhasil mengumpulkan uang tersebut. Ketika aku sudah berhadapan dengannya dan aku hendak menyetubuinya, dia berkata; bertaqwalah kepada Allah, dan janganlah kamu renggut keperawanan kecuali dengan haq". Maka aku berdiri lalu pergi meninggalkan wanita tersebut. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridhaMu, maka bukakanlah celah untuk kami". Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Maka terbukalah dua pertiga dari batu yang menutup pintu gua.
7 detik
2 detik
5 detik
6 detik
3 detik
1 detik
4 detik
12
FX
SUARA batu bergeser
3 detik
13
NAR
Kemudian orang yang ketiga berkata: Ya Allah sungguh Engkau mengetahui bahwa aku pernah memperkerjakan seseorang untuk mengurusi satu benih tumbuhan lalu aku beri upah namun dia tidak mau menerimanya. Lalu aku sengaja mengembangkan benih tersebut sehingga darinya aku bisa membeli seekor sapi dan seorang pengembalanya. Kemudian di suatu hari orang itu datang kepadaku seraya berkata; "Wahai 'Abdullah, berikanlah upahku yang dulu!" Lalu aku katakan; Kemarilah lihat kepada seekor sapi dan pemngembalanya itu semua milikmu". Dia berkata: "Kamu jangan mengolok-olok aku!" Dia berkata: Aku katakan: Aku tidak mengolok-olok kamu tetapi itu semua benar milikmu. Ya Allah seandainya Engkau mengetahui apa yang aku kerjakan itu semata mencari ridhaMu, maka bukakanlah celah untuk kami". Akhirnya mereka bisa terbebas dari gua tersebut"..
3 detik
2 detik
3 detik
4 detik
2 detik
5 detik
3 detik
3 detik
2 detik
3 detik
4 detik
2 detik
5 detik
2 detik
14
Fx
Suara batu bergeser
4 detik
15.
MUSIK TRANSISI
IN-UP-UNDER-BACKGROUND
10 detik
16
KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah amalan yang penah diperbuat dengan tulus ikhlas dapat digunakan sebagai perantara permohonan kepada Allah agar selamat dari cobaan
5 detik
17
NAR
Baiklah pendengar yang budiman setelah kita bersama-sama mengikuti kisah ini, kita akan mendapat hikmah yang dapat dipelajari.
10 detik
18.
MUSIK PENUTUP
IN-UNDER-UP-OUT
10 detik
Rreferensi Kisah HR.Bukhari Muslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan dalam pembuatan Media pembelajaran AUDIO"

Posting Komentar